Saturday, November 14, 2015

Cara Menggunakan Shifter Sepeda

Cara Menggunakan Shifter Sepeda

Sepeda gunung atau sepeda balap biasanya dilengkapi dengan gir depan dan belakang, yang fungsinya untuk mengoptimalkan tenaga dengan kecepatan pada kondisi jalan yang berbeda beda. Pada gir depan dan belakang juga ada satu alat yang bernama Derailleurs. Derailleurs adalah alat yang memindahkan posisi gear pada sepeda. Alat tersebut biasanya tehubung pada shifter yang terpasang pada stang sepeda / handle bar. Ketika tuas shifter dioperasikan maka kabel mengaktifkan derailleur sesuai dengan kontrol penggunanya pada tuas shifter. Kemudian derailleurs akan menggerakkan rantai ke sproket chainwheel atau kaset yang dikehendaki. Derailleurs depan dan belakang adalah komponen penting dari sistem gear pada sepeda. Shifter yang terhubung dengan gear depan / FD / front deraileurs bertugas memidahkan gigi depan sedangkan shifter yang terhubung dengan gear belakang / RD / rear derailleurs bertugas memidahkan gigi belakang.






Teknik yang benar dalam menggunakan Shifter Sepeda

  1. Pada saat mulai mengayuh dapat dipilih kombinasi gear yang ringan (RD terbesar & FD terkecil) agar bisa memulai perjalanan dengan nyaman
  2. Cari kombinasi gear RD & FD yang paling nyaman agar dapat mengayuh sekitar 60-80 kayuhan per menit.
  3. Pada saat pergantian gear sebaiknya mengurangi tekanan / kayuhan pada pedal
  4. Pada saat akan memasuki tanjakan maka kembali dipilih kombinasi gear yang ringan (RD terbesar & FD terkecil) dengan mempertahankan kecepatan di angka 60-80 kayuhan per menit.
  5. Untuk posisi perubahan yang tidak terlalu ekstrem maka posisi gear belakang yang harus disesuaikan, sedangkan bila menginginkan perubahan yang ekstrem maka gear depan yang harus disesuaikan.
  6. Posisi rantai sepeda harus selurus mungkin dengan memberikan kombinasi gear depan dan belakang yang tepat. Misalnya untuk sepeda dengan 3 gear di depan dan 10 gear belakang maka kombinasi yang dapat dilakukan adalah:
    • Gear depan di posisi 1 maka gear belakang di posisi 1, 2, 3 sedangkan gear 4 hanya untuk waktu sebentar
    • Gear depan di posisi 2 maka gear belakang di posisi 4, 5, 6, 7
    • Gear depan di posisi 3 maka gear belakang di posisi 8, 9 dan 10 sedangkan gear 7 hanya untuk waktu sebentar


No comments:

Post a Comment